Halaman

Senin, 09 Juli 2012

Tips Agar Membaca menjadi sebuah Hoby




Membaca buku pelajaran kadang membuat siswa merasa jenuh dan bahkan bosan, padahal membaca sangatlah penting untuk bertambahnya imlu karena dengan membaca kita mendapatkan wawasan yang luas. Berikut ini beberapa tips yang membuat membaca menjadi sebuah hobi :
        Paksakan Diri Untuk Memulai
Memulai membaca buku adalah berat bagi seorang pemula. Hal ini memang harus dipaksakan, sedikit demi sedikit. Untuk memaksakan diri dalam membaca buku pelajaran, kita harus melihat keadaan diri kita, usahakan kita mulai membaca dalam kondisi fisik dan psikologis yang nyaman. 

Luangkan waktu
Untuk memulai membaca kita harus melaungkan waktu. Sebanarnya waktu untuk membaca sangat banyak, namun kebanykan orang kurang memperhatikan waktu luang yang dimilki untuk membaca. Sebagian waktu luang lebih banyak di gunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Waktu yang kita luangkan tiap hari tidak harus banyak minimal 15-30 menit cukup bagi pemula. Saya rasa waktu tersebut tidak akan mengganggu aktifitas yang lain, dan waktu tersebut bisa kita tempatkan pada siang maupun malam hari  (disesuaikan dengan keluangan waktu masing-masing orang).

Pelajari hal-hal yang mudah dulu
Mempelajari hal yang sulit akan membiat orang cepat bosan apalagi bagi pemula. Maka lebih baiknya pelajari hal-hal yang mudah dahulu, supaya merangsang kita untuk lebih mendalami ke hala-hal yang lebih sulit. Mungkin timbul sebuah pertanyaan bagaimana kita mengetahui poin-poin yang mudah dalam sebuah buku, kalau kita tidak membaca semuanya? Jawabannya sederhana, dalam sebuah buku pasti ada daftar isi, nah di sana coba kita lihat judul-judul sub bab, kita pilih mana yang menuurt kita paling menantang untuk di baca, meskipun cara ini kurang efesien dalam memahami runtutan kerangkan berfikir dari sebuah buku, tapi bagi pemula mungkin ini sedikit membantu, untuk lebih menyukai membaca buku pelajaran. 

 Buat pertanyaan-pertanyaan sederhana
Dalam memahami sebuah buku, kita harus menculkan pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita. Misalnya Bagaimana, mengapa, siapa, dll. Tujuannya adalah untuk merangsang pola fikir kita untuk mencari jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut. Dengan begitu kita akan lebih tergugah untuk membaca keseluarahan isi buku.
  
Mendikusikan apa yang kita pelajari dengan orang lain
JIika apa yang kita tanyakan dalam diri kita belaum terjawan padahal kita sudah membaca sebagian besar isi buku maka perlu sekali hal tersebut di diskusikan dengan orang lain. Untuk hal ini kita harus selektif, cari orang-orang yang hobi membaca buku, dengan begitu kita akan memperoleh feedback yang positif dari apa yang sudah kita pelajar.

Nah demikianlah tips-tisp yang bisa kita lakukanan untuk membaca buku pelajaran menjadi menyenangkan. Isi dari tulisan berdasarkan pengalaman penulis, jadi teman-teman bisa mengembangkan cara tersebut untuk memperoleh pemahanan yang lebih baik untuk meningkatkan kesenangannya dalam membaca buku pelajaran.

http://edukasi.kompasiana.com/2012/07/08/tips-membaca-buku-pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar